Minggu, 21 Agustus 2011 By: IMMPPG-Jakarta

OYONG, sayuran super anti DIABETES

Meskipun punya khasiat hebat, namun karena penampilan dan rasa oyong bisa dibilang sayur kelas dua. Jarang dilirik, jarang dimasak. Paling banter, oyong kerap disajikan sebagai sayur bening. Padahal jika Anda tahu manfaatnya, WOW.. Cukup menakjubkan. Khususnya bagi penderita DIABETES.

Melalui berbagai penelitian, diketahui khasiat oyong muncul dari bijinya yang umumnya juga dikonsumsi bersama daging buah oyong. Didalam bijinya diketahui terdapat zat bernama cucurbitacin yang memiliki peran menurunkan gula darah. Tentu saja harus dikonsumsi secara rutin untuk memperoleh manfaatnya.

Di Indonesia, pemanfaatan oyong sebagai penurun gula darah konon sudah berlangsung lama pada masyarakat Sunda. Sebelum pergi haji, umumnya mereka mengonsumsi 2 buah oyong setiap hari selama 2 minggu sebelum pemeriksaan gula darah. Tujuannya tentu saja untuk menurunkan kadar gula darah agar tes kesehatan berlangsung lancar.

Nah, jika secara empiris dan ilmiah khasiat buah oyong sudah terbukti, tentu tak ada lagi alasan untuk menunda konsumsi buah oyong. Selalu sajikan sayur ini dalam menu sehari-hari untuk memperoleh manfaatnya, khususnya bagi penderita diabetes atau yang BERISIKO DIABETES.

Selain bermanfaat untuk penderita diabetes, sayur yang kerap disebut gambas ini juga punya manfaat lain jika dikonsumdi teratur, misalnya radang tenggorokan, melancarkan pencernaan, dan melancarkan ASI bagi ibu menyusui.
Oyong memiliki beberapa kandungan diantaranya saponin triterpen, luffein, citruline, dan cucurbitacin. Beberapa kandungan seperti saponin, lendir, lemak, protein, vitamin B, dan vitamin C berasal dari getahnya. Jadi sebaiknya cukup mengupasnya, lalu cici bersih, dan dipotong-potong untuk dimasak agar kandungan getah didalamnya tak luruh saat dicuci.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, nikmati oyong untuk menu sehari-hari keluarga tercinta :D


0 komentar:

Poskan Komentar