Senin, 28 Maret 2011 By: IMMPPG-Jakarta

PANGAN NABATI (VEGETARIAN) SI GAYA HIDUP MASA KINI

       Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan/pangan nabati dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, susu, atau keju. 
       Sedangkan pangan nabati adalah pangan yang terdiri dari sayur-sayuran, biji-bijian, padi-padian, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

MAKANAN VEGETARIAN DARI PANDANGAN GIZI

       Makanan vegetarian kaya akan serat, vitamin dan mineral, makanan ini baik untuk kesehatan. Biasanya makanan vegetarian dijadikan menu khusus pada diet beberapa penyakit dan diet untuk menurunkan berat badan. 

VARIASI MASAKAN VEGETARIAN

       Dahulu pola makan vegetarian dilakukan demi alasan agama namun seiring jalannya waktu pola makan seperti ini dijadikan gaya hidup untuk memperoleh kesehatan yang baik dan tubuh ideal. Perkembangan zaman membuat makanan ini mengalami modifikasi, bahan dasar nabati tersebut dapat disulap menjadi makanan yang memiliki bentuk dan rasa layaknya makanan berbahan dasar hewani. Contohnya saja hasil olahan tepung atau jamur yang dapat membentuk semacam daging-dagingan seperti daging asli. 

JENIS-JENIS VEGETARIAN :
     
  1. Vegetarian Pesco adalah vegetarian yang tidak makan minum mengandung hewani tetap tetap mengonsumsi ikan serta produk olahannya.
  2. Vegetarian Pollo adalah vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengonsumsi konsumsi makanan mengandung unggas seperti ayam, bebek, burung dara dan sebagainya. Jenis vegetarian ini sekali-kali makan daging-dangingan, unggas-unggasan, ikan-ikanan dan makanan minuman hewan lain jika ada acara tertentu.
  3. Vegan adalah kelompok vegetarian yang anti makanan dan minuman yang mengandung hewan. Kaum vegan tidak mengonsumsi madu, royal jelly, sarang burung walet, dsb.
  4. Vegetarian Ovo adalah Jenis vegetarian yang tidak makan minum mengandung hewani tetapi tetap mengonsumsi telur.
  5. Vegetarian Lacto adalah Jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengonsumsi susu. Vegetarian ini tidak makan bawang bombay dan bawang putih. 
  6. Vegetarian Lacto-Ovo adalah Jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap mengonsumsi telur, susu dan produk olahannya seperti keju, yoghurt, butter, dan produk turunannya.

0 komentar:

Posting Komentar